Sabtu, 27 November 2010

PEMIMPIN TERBAIK

Pemimpin, sebuah kata yang sangat akrab di telinga dan benak kita. Semenjak kita kecil dan masih duduk di bangku taman kanak-kanan hingga aktivitas kita sekarang, kita sangat mengenal apa itu pemimpin. Aku masih ingat, pemimpin kelasku saat aku masih bersekolah di SD adalah seorang yang cukup tegas. Dia bersuara keras dan lantang. Sayangnya agak pilih-pilih teman. Jadinya aku juga kurang suka dengannya.
Saat aku di SMP, pemimpin kelasku adalah seorang murid pria yang bertubuh tinggi dan tegap. Posturnya cukup ideal untuk jadi pemimpin. Disegani, sedikit ditakuti , apalagi dengan wajahnya yang sesekali terlihat sangar. (hihi)
Semakin berlanjut ke jenjang berikutnya, aku semakin memahami bahwa pemimpin tidak hanya berpostur tubuh ideal namun lebih dari itu, Dia harus memiliki kemampuan untuk memimpin. Sebuah anugerah yang tidak dimiliki oleh semua orang. Tentunya jika semua orang memiliki kemampuan itu, maka semua orang akan berebut menjadi pemimpin. Kalau sudah begitu, lantas siapa yang akan dipimpin? Siapa yang akan menajdi anggota? Siapa yang akan mengikuti sosok yang dipercayanya?
Memimpin membutuhkan kecakapan. Dan kecakapan itu diraih dengan latihan. Dengan banyak erlatih, maka seorang calon pemimpin akan mampu memcahkan beragam masalah, menarik simpulan, mengatasi konflik dan lain-lain hal yang merupakan seni,.seni memimpin.
Pada dasarnya setiap orang adalah pemimpin. Setiap orang menjadi pemimpin atas dirinya sendiri. Sesungguhnya setiap orang adalah pemimpin dan tiap-tiap pemimpin itu akan dimintai pertanggungjawabannya.
Bagaimana sih kriteria pemimpin yang sebenarnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar